Praktek Pertama Kali Membuat Gula semut / Palm sugar

Beberapa minggu lalu PKK desa kami mengadakan pelatihan pembuatan Gula Semut. Aku sempat protes dan bertanya karena disini kan tidak ada bahan baku Nira, kenapa malah membuat produk yang bahan bakunya bukan dari desa sendiri ?
Menurut Pak Lurah, enggak pa pa nanti untuk bahan bakunya bisa bekerja sama dengan desa lain yang sentra penghasilannya Nira.
Ya sudah, aku tetap ikut pelatihannya itung-itung belajar gratis kan ya, lagian yang jadi nara sumbernya Pak Sarwadi yang saya udah kenal baik dengan beliau.

Waktu pak Sarwadi menjelaskan apa itu gula semut, beberapa ibu2 banyak yang belum tahu. Apa itu gula semut, kegunaannya untuk apa, kelebihan dari gula aren biasa itu apa. Naah… disini saya baru mudeng maksud pak Lurah, workshop ini bisa memberikan ilmu pengetahuan baru buat ibu2 kader PKK Desa Jragan. Mereka yang tahunya Nira cuma bisa dibuat gula aren cetak, ternyata bisa dijadikan gula semut / palm sugar dan sirup aren sehingga menambah nilai jual dari olahan Nira ini.
Waah bener deh Pak Lurah saya ini emang visioner hehehe…

Menindak lanjuti workshop beberapa minggu lalu, aku, bu lurah dan beberapa kader kemarin bersilaturahmi lagi ke Pak Sarwadi di desa Muncar sana. Kami berniat kulakan Nira untuk bahan baku membuat gula semut. Eh sampai disana, tidak hanya Nira saja. Selain diberi motifasi semangat untuk menggerakkan KWT desa, juga dapat bonus kopi robusta muncar yang terkenal enaknya ini.

Barulah tadi pagi kami praktek membuat gula semut sendiri. Ternyata tidak mudah ya. Dari 3 kali percobaa adonan nira ( 1 adonan 10liter Nira) yang berhasil kami buat menjadi gula semut cuma 1 adonan. Adonan yang lain ada yang kurang matang dan malah ada yang kematengan hehehe. Nah adonan yang gagal itu tetep bisa digunakan karena akhirnya kami cetak jadi gula aren.


Awalnya yang sempet kapok, begitu ada adonan yang berhasil, kami jadi semangat lagi untuk memproduksi gula semut lagi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *